Friday 12 January 2018

بروبلماتيكا نيلاي دان أرتال سيرتا هوكوم فوريكس


بيمركوسان بوكان هانيا سيباغاي بينياكيت ماسياراكات تيتابي جوغا ميروساك ماسا ديبان سيرتا بيمكسان كيهنداك ترهاداب كوربان دان منغوياك هاك أساسي مانوسيا. بيركوسان تيداك هانيا ميروباكان ماسالا أنتارا إنديفيدو، ميلينكان سيباغاي بروبلم سوسيال يانغ تيركايت دينغان ماسالا هاك-هاك أساسي، خوسنيا يانغ بيركيتان دينغان بيرليندونغان داري سيغالا بينتوك بينيكسان، كيكيراسان، دان بينغابايان مارتابات مانوسيا ترهاداب وانيتا. جادي ترهاداب بيلاكو كاسوس بيركوسان هاروس ديهوكوم سيبيرات-بيراتنيا تانبا تيركيكوالي. ليمانيا هوكوم ترهاداب بارا بيلاكو بيمركوسان مينيبابكان جوملا كاسوس كيجاتان إيني تيروس مينينغكات سيرتا هوكومان يانغ ديجاتوهكان ترهاداب بارا بيلاكو تيداك ممبوات جيرا. بينغرتيان بيركوسان بيركوسان (ريب) بيراسال داري باهاسا لاتين رابير يانغ بيرارتي مينكوري، ميماكسا، merampas. Perkosaan أدلا سواتو أوساها أونتوك ميلامبياسكان نافسو سيكسوال يانغ ديلاكوكان أوله سورانغ لاكي-لاكي ترهاداب بيرمبوان دنغان كارا يانغ دينيلاي ميلانغغار مينوروت مورال دان هوكوم. بيركوسان جوغا دابات تيرجادي دلام سيبواه بيرنيكان. دي دلام باسال 285 كوهب ديسبوتكان باهوا. بارانغسيابا دنغان كيكيراسان أتاو أنكامان كيكيراسان ميماكسا سيورانغ وانيتا بيرسيتوبوه دينغان ديا ديلوار بيركاوينان، ديانكام كارينا ميلاكوكان بيركوسان دنجان بيدانا بينجارا بالينغ لاما دوا بيلاس تاهون. بادا باسال إيني بيركوسان ديديفينيسيكان بيلا ديلاكوكان هانيا دي لوار بيركاوينان. سيلين إيتو كاتا-كاتا بيرسيتوبوه ميميليكي أرتي باهوا سيكارا هوكوم بيركوسان ترجادي بادا سات سوداه تيرجادي بينيتراسي. بادا سات بيلوم تيرجادي بينيتراسي ماكا بيريستيوا تيرسيبوت تيداك دابات ديكاتاكان بيركوسان أكان تيتابي ماسوك دلام كاتيغوري بينكابولان. دامباك بيركوسان دان بينيمبوهانيا كوربان بيركوسان دابات منغالامي أكيبات يانغ سانغات سيريوس سيكارا فيسيك موبون سيكارا كيجيوان (بسيكولوجيس). أكيبات فيسيك يانغ داتا ديالامي أوله كوربان أنتارا لا كيروساكان أورغان توبوه سيبيرتي روبينا سيلابوت دارا، بينغسان، مينينغغال، سخيف سانغات منغيني تيركينا بينياكيت مينولار سيكسوال، كيهاميلان تيداك ديكيهينداكي. سيمنتارا إيتو، كوربان بيربوتنسي ونتوك منغالامي الصدمة يانغ كوكوب بارا ممبوات صدمة باجي كوربان. غونكانغان كيجيوان دابات ديالامي بادا سات بيركوسان موبون سيسودانيا. غونكانغان كيجيوان دابات ديسرتاي دنغان رياكسي-رياكسي فيسيك. سيكارا أوموم بيريستيوا تيرسيبوت دابات مينيمبولكان دامباك بسيكولوجيس جانكا بيندك موبون جانكا بانجانغ. بروسس بينيمبوهان كوربان داري تروما بيركوسان إيني ميمبوتوهكان دوكونغان داري بيرباغاي بيهاك. دوكونغان إيني ديبيرلوكان أونتوك ميمبانغكيتكان سيمنغ كوربان دان ميمبوات كوربان مامبو مينريما كيجاديان يانغ تيلاه مينيبانيا سيباجاي باسيان داري بينغالامان هيدوب يانغ هاروس يا جالاني. كوربان بيركوسان ميميرلوكان كوان بيكارا، بيك تيمان، أورانغتوا، سودارا، بيكيرجا سوسيال، أتاو سيابا ساجا يانغ دابات مندنغاركان كيلوهان كوربان. ديهارابكان دنغان أدانيا دوكانغان إني ماكا كوربان أكان مامبو منجلاني كيهيدوبانيا سيبيرتي سيديا بياسانيا. كيليماهان هوكوم بيركوسان هاروس ديتانغولانجي، صلاح ساتو سارانانيا دنغان هوكوم بيدانا. تومبوان بادا هوكوم أكان مينغادابي بروبلماتيكا كيتيداك-مامبوان هوكوم دلام بييرجانيا ونتوك مينانغاني تينداك بيدانا بيركوسان. روموسان تينداك بيدانا بيركوسان دلام باسال 285 كوهب دينيلاي ديسكريميناتيف، دان إكوت بيربيران سيرتا دلام ميمباكوكانيلاي يانغ بيرلاكو دي ماسياراكات بيركينان دنغان هركات دان مارتبات وانيتا. دي ماتا هوكوم بيدانا إندونيسيا خنثى كاسوس بيركوسان كيبيراداان وانيتا ديبركيسيل ماكنانيا منجادي المهبل ساجا، دياتور هانيا بيلا فاجينانيا تيرغانغو. بيروموسان باسكال بيركوسان مينونجوكان ستاندار نيلاي / مورال يانغ ديباكاي ماسياراكات دلام ميمبرلاكوكان بيريمبوان خسوسنيا إكستيري. سيورانغ إيستيري دلام هوبونغان سيكسوال تيداك ميمبونياي هاك أبابون ترهاداب سوامينيا. سيهوبونغان دنغان إيتو، بوكان ساجا باسال 285 كوهب بيرلو ديغانتي، أكان تيتابي جوغا نيلاي-نيلاي سوسيال بوديا دان ميتوس-ميتوس يانغ منغيسيراتكان أدانيا دوميناسي بريا ترهاداب وانيتا أتاو سيسامانيا بيرلو ديغانتي. بيرداساركان بسال 285 كوهب تيداك تيرماسوك بيركوسان دلام روما تانغا أتاو سوامي ميمبيركوسا إسترينيا يانغ ديسبوت الاغتصاب الزوجي. كيتنتوان إيني تيداك ميلارانغ بيركوسان ترهاداب إيستيري أوله سوامينيا. كيليماهان هوكوم بيدانا ديتنتوكان بولا كارينا أوسيا كوهب يانغ سوداه توا سيباغاي إندوك هوكوم بيدانا، بيرماسلاهانيا، منيانغكوت نيلاي يانغ أدا ديباليك نورما-نورما هوكوم (كوهب)، يانغ سوداه بارانغ تينتو ديلاتار-بيلاكانجي بوديا برات يانغ ليبيه الأسنان نيلاي-نيلاي الفردية. سيمنتارا إيتو، نيلاي-نيلاي ماسياراكات كيتا ليبيه بيرسيفات كومونال، دان بيركمبانغانيا مينوجو نيلاي-نيلاي ونيفرزال، خسوسنيا نيلاي كيديليان يانغ سيمستينيا ديوجودكان ميلالوي هوكوم، تيرماسوك كيديلان جيندر. بينغكان هوكوم تيداك لين بيرارتي مينيغكان نورما-نورما هوكوم سيكاليغوس نيلاي-نيلاي دي بيلاكانغ نورما تيرسيبوت. جادي، سيلاما إيني يانغ ديتيغاكان أدالا نيلاي-نيلاي إنديفيدوالستيس، يانغ منغابايكان برينسيب كيديلان. هوكوم بيدانا هانيا ميمبسبوالكان 3 هال يايتو بيربواتان يانغ ديلارانغ، بيرتانغونغ-جوابان (أورانغنيا / بيلاكو)، دان سانكسي بيدانا، سيهينغغا كوربان تيداك منجادي بيرهاتيان. سيهوبونغان دنغان كاسوس بيركوسان، كيدودوكان كوربان دلام بروسس بيراديلان بيدانا هانيالا سيباغاي ساكسي كوربان. كوربان جاسترو ديروجيكان دان سيولا-أولاه تيداك ديمانوسياكان هانيا بنتينغ أونتوك ميموريكان كيتيرانغان تينتانغ أبا يانغ ديلاكوكان بيلاكو، دان ديجاديكان شقراء بوكتي أونتوك ميندابكان فيسوم إت ريبرتوم. بيرليندونغان كوربان ليبيه بانياك بيرسيفات بيرليندونغان أبستراك أتاو بيرليندونغان تيداك لانغسونغ. أرتينيا، أقرن أدانيا بيرباغاي بيروموسان تينداك بيدانا دلام بيراتوران بيروندانغ-أوندانغان سيلفي إيني بيرارتي بادا هاكيكاتنيا تيلا أدا بيرليندونغان في أبستراكتو سيكارا تيداك لانغسونغ ترهاداب بيرباجاي كيبنتينغان هوكوم دان هاك-هاك أساسي كوربان. هالي إينتو تينتو تيداك ميمواسكان كارينا تيداك دابات منجاديكان بيدومان بيرليندونغان كوربان. هوكوم بوسيتيف مينونجوكان بينغاتوران منغيناي كوربان يانغ تيداك ميماداي، سيبيرتي كيتنتوان دلام باسال 14c كوهب، كوهاب (بسال 98-101 باب زيي). بادهال، كيروجيان يانغ ديديريتا كوربان سانغات بيرات. بيريمبوان كوربان بيركوسان مينانغونغ بيبان ذان يانغ ليبيه بيرات ديباندينغكان هوكومان باجي بيمركوسانيا. كوربان أكان منغالامي كاكات سيومور هيدوب دان مينريما تيكانان داري ماسياراكاتنيا. دامباك مين مينيانغكوت غانغوان إموسي سيباغاي بيبان بيكولوجيس دان بيربنغاروه سيكارا بيكيسيس (ميسالنيا ششيزوبرينيا) دان فيسيك (فيسيولوجيكال ديزوردر)، كيتاكوتان، تاك أدانيا راسا أمان، كيتيداكباجيان، ميراسا تيربوانغ، كاكات توبوه، سيرتا كيماتيان. دي سامبينغ إيتو، سيموهان داري ماسياراكات، بيرسان ترتيكان ميراسا ديرينيا تيلاه كوتور دان بيردوسا. ديتمباه لاجي تيكانان-يانغ تومبول داري بروسس بيراديلان بيك سيبيلون سيدانغ، سيلاما سيدانغ، موبون سيتيلاه سيدانغ سيماكسين منديتاكان كوربان. فاكتور بينيباب دان أوبايا منغاتاسي بيركوسان فونيس يانغ رينغان ترهاداب كاسوس بيركوسان تيداك ميمنوهي راسا كيديلان كوربان دان كيلوارغانيا. بيمرينتا تيكرسيان منغابايكان هاك أناك كارينا هينغغا كيني بيلوم منغالوكاسيكان أنغاران أونتوك بيرليندونغان أناك دان أكان ميمبوات ماسياراكات تيداك بيركايا ترهادب هوكوم. أدابون فاكتور-فاكتور يانغ مينيبابكان سيسورانغ ميلاكوكان تينداك كيجاتان بيمركوسان، أنتارا لين أدالا فاكتور إكونومي، أغاما، ميديا، تينغكات بنديديكان دان فاكتور لينغكونغان سوسيال، بيك دلام ماسياراكات ماوبون دلام كيلورغا. سيدانغكان أوبايا يانغ دابات ديلاكوكان أوله وارغا ماسياراكات موبون أبارات بينيغاك هوكوم ونغ منغاتاسي تينداك كيجاتان بيمركوسان أنتارا لين ميلالوي بينانامان نيلاي نيلاي سوسيال دان نيلاي نيلاي كيجمان، دان بينيرابان سانكسي هوكوم يانغ بيرات سيرتا بينينغكاتان روتينيتاس دان إنتنسيتاس رازيا ترهداب سيتاك دان إليكترونيك يانغ ميموات أونور-أونسور بورنوغرافي دان تيداك موداه بيركايا ترهاداب بيهاك-بيهاك يانغ بيلوم ديكينابوجي سيوكور كامي بانجاتكان كهاديرات الله سوت يانغ تيله عضو رحمة سيرتا كارونيا-نيا كيبادا كامي سيهينغغا كامي بيرهاسيل مينيلسيكان ماكال إيني يانغ ألهامدوليلا تيبات بادا واكتونيا يانغ بيريجودول 8220Isu دان بيرماسلاهان بيسيرتا ديديك سيرتا إمبليكاسينيا دلام بنديديكان 8221 ماكلا إيني بيريسيكان تنتانغ إنفورماسي بينغرتيان بيسيرتا ديديك أتاو يانغ ليبيه خوسوسنيا ممبهاس ممبهاس إسو دان بيرماسلاهان بيسيرتا إديك سيرتا إمبليكاسينيا دلام بنديديكان. ديهارابكان ماكالا إيني دابات ميمبراني إنفورماسي كيبادا كيتا سيموا تنتانغ بيرماسلاهان بيسيرتا ديديك سيرتا إمبليكاسينيا دلام بنديديكان. كامي مينيداري باهوا ماكالا إيني ماسيه جوه داري سيمبورنا، أوله كارينا إيتو كريتيك دان ساران داري سيموا بيهاك يانغ بيرسيفات ميمبانغون سيلالو كامي هارابكان ديمي كيسمبورنان ماكالا إيني. أخير كاتا، كامي سامبيكان تيريما كاسيه كيبادا سيموا بيهاك يانغ تيله بيربيران سيرتا علم بينيوسونان ماكلا إني داري أوال سامباي أخير. سيموجا الله اليوم وغدا ساينانتياسا ميريدهاي سيغالا أوساها كيتا. أمين. باندونغ، 18 سيبتمبر 2012 A. لاتار بيلاكانغ بيرماسلاهان سيكارا سينغكات، بيركمبانغان (ديفيلوبمنت) أدالا بروسس أتاو تاهابان بيرتومبوهان كي أرا يانغ ليبيه ماجو. بيرتومبوهان سينديري (بروموتيون) بيرارتي تاهابان بينينغكاتان سيسواتو دلام هال جوملا، أوكوران، دان أرتي بينتينغنيا. بيرتومبوهان جوغا دابات بيرارتي سيبواه تاهابان بيركمبانغان (a ستيج أوف ديفيلوبمنت). (مكليود، 1989). دي دلام بروسس تومبو كيمبانغ، بانياك سيكالي ماسالا-ماسالا يانغ مونكول بادا بيسيرتا ديديك. بيرماسلاهان باجي مانوسيا أكان سيماكين كومبلكس كيتيكا ميريكا مينجياك أوسا ريماجا أوسيا ديمانا ميريكا ماسيه بيرادا دي جينجانغ بنديسي أوكيا سيكولا مينينغاه، بادا ماسا ريماجا إيتولا ميريكا مولاي منغينال لينغكونغان أتاو ماسياراكات يانغ ليبيه لواس يانغ سيلالو ديهادابان بادا بيرماسالاها-بيرماسلاهان يانغ ليبيه روميت يانغ ميميرلوكان بينانغانان يانغ سانغات سيريوس. بيرماسلاهان باجي بيسرتا ديديك أوسيا سيكولا ميننغاه تيمبول بيك داري إنترن أتاوبون إكسترن يانغ كيسيموانيا سانغات منغانغو بادا بروسس بيلاجار دان بيمبلاجاران بيسيرتا ديديك دي أوسيا سيبيرتي إيتو. كينجينتهوان بادا أوسيا سيكولا ميننغاه سانغاتلا بيزار كارينا بادا ماسا إيتو ميريكا ماسيه مينكاري جاتي ديري دان فيغور يانغ بيسا ديدولاكان أوله ميريكا. باغي سورانغ بنديديك هاروزلاه تاهو كيدان بيزيرتا ديديكنيا دان هاروس بيزا منغاراهان بادا هال-يانغ بوسيتيف سيهينغا بيسيرتا ديديك بادا الولايات المتحدة الأمريكية سيكولا مينينغاه تيرسيبوت أكان تيرارا بادا هال-هال يانغ بوسيتيف، بنديديك جوغا هاروس مينجيهوي جيجالا-جيجالا يانغ تيردابات بادا بيسيرتا ديديك أوسيا تيرسيبوت دان بيسا ميموريكان سولوسي يانغ تربايك قضيب منغادابي كيدان بيسيرتا ديديك سيبيرتي إيتو. دلام ماكالا إني كامي أكان ممبهة بروبلماسيكا أتاو إسو دان بيرماسلاهان بيسرتا ديديكا سيرتا إمبليكاسينيا تراندابا بينديديكان يانغ تروجادي باديس ديديك آسيا سيكولا ميننغاه دان سولوسي يانغ تيبات باسي بينديديك دلام منغادابي بروبلمتيكا يانغ ديالامي بيسيرتا ديديكايا خوسنيا جوغا أوسيا سيكولا ميننغاه. B. روموسان ماسالا 1. أباكا بيزيرتا ديديك إيتو 2. أبا ساجا بيرماسلاهان يانغ تيمبول بادا بيسيرتا ديديك 3. أبا ساجا بينتوك بينيمبانغان بيسيرتا ديديك 4. باغيماناكا إمبليكاسينيا باجي بنديديكان C. توجوان دان منفات بيمباسان أدابون توجوان بيمباسان داري ماكالا إيني أدالا: 1. منجيتاهوي ديسكريبسي تنتانغ بيسيرتا ديديك 2. منجيتاهوي بيرماسلاهان يانغ تيمبول بادا بيسيرتا ديديك 3. منجيتاهوي بينتوك بينيمبانغان بادا بيسيرتا ديديك 4. منجيتاهوي إمبليكاسي داري بيرماسلاهان-بيرماسلاهان ترسيبوت باجي بنديديكان أدابون مانفات بيمباسان داري ماكالا إيني أدالا: داري توجوان يانغ ديهارابكان بينوليس دلام ماكالا إيني، دبات ديتاريك بيبيرابا مانفات بيك أونتوك بيمباكا موبون بينوليس سينديري، يايتو: جيكا بينوليسان ماكلا إيني ديراساكان دابات مينمباه بينجتهوان تنتانغ إسو دان بيرماسلاهان ريماجا سيرتا إمبليكاسينيا ترهاداب بنديكان، ديهارابكان بيمباكا دابات ليبيه ميماهامي إيسي داري ماكالا إيني. بينوليسان كاريا توليس إين منجادي سواتو بيمبلاجاران، سيباجاي بينجيتهوان كامي ونتوك ليبيه منجيتاهوي بيرباغاي إسو دان بيرماسلاهان ريماجا. D. ميتود بيمباسان ميتود يانغ كامي بيرغناكان أدالا ستودي ليتيراتور. ستودي ليتيراتور (كاجيان بوستاكا) ميروباكان بينيلوسوران ليتيراتور يانغ بيرسومبر داري بوكو، ميديا، باكار أتابون داري هاسيل بينليتيان أورانغ لين يانغ برتوجوان ونتوك مينيوسار داسار توري يانغ كيتا غوناكان دلام ميلاكوكان penelitian. Sebelum menggunakan metode Literator، كامي منغاداكان ديسكوس تينتانغ بيرماسالاهان يانغ بيرنا ديالامي دان دي ليهات كيتيكا كامي منجادي بيسيرتا ديديك. دان سيتيلانيا بون كيتا ميلاكوكان ديسوكي داري ليتيراتور يانغ كيتا داباتكان. A. بينغرتيان بيسيرتا ديديك باندانغان مينوروت إلمو بسيكولوغ تنتانغ بيسيرتا ديديك أدالا إنديفيدو يانغ سيدانغ بيركمبانغ بيك جاسماني ماوبون rohani. Perubahan جاسماني بياسا ديسيبوت بيرتومبوهان، يايتو تيرداباتنيا بيروباهان أسبك جاسماني مينوجو كيرا كيماتانغان فونغسي، ميسال كاكي، تانغان سوداه مولاي بيرفونغسي سيكارا sempurna. Sedangkan بيركمبانغان أدالا بيروباهان أسبيك بسيكيس سيكارا ليبيه جيلاس. هاككات بيسيرتا ديديك مينوروت إلمو فيلوسوفي أدالا مينونتوت بيميكيران سيكارا دولام، لواس، لينغكاب، مينيلوروه، تونتاس سيرتا منغرا بادا بيماهامان تنتانغ بيسيرتا ديديك. بيرداساركان بيبيرابا بيندابات دياتاس، بيزيرتا ديديك دلام بينغرتيان يانغ ليبيه موديرن دابات ديكاتاكان سيباجاي مانوسيا يانغ بيروزاها مينغيمبانغكان بوتنسي ديري ميلال بروسس بيمبلاجاران بادا جالور بنديديكان بيك بنديديكان الرسمي ماوبون بنديديكان نونفورمال، بادا جينجانغ بنديديكان دان جينيس بنديديكان ترتنتو. بيسيرتا ديديك جوغا ديكنال دنغان إسيلا لين: a. سيسوا أدلا إزيلا باجي بيسيرتا ديديك بادا جينجانغ بنديديكان داسار دان ميننغاه. ب. ماهاسيسوا أدالا إيزيلا أوموم باجي بيسيرتا ديديك بادا جينجانغ بندي بيرغوروان تينغجي. ج. وارجا بيلاجار أدالا إسيلا باغي بيسيرتا ديديك نونفورمال سيبيرتي بوسات كيجياتان بيلاجار ماسياراكات (يبم). د. بيلاجار أدالا إسيلا لين يانغ ديغوناكان باجي بيسرتا ديديك يانغ منغكوتي بنديديكان فورمال تينغكات مينينغاه موبون تينغكات أتاس. ه. موريد ميميليكي ديفينيسي يانغ هامبير سما دنغان بيلاجار دان سيسوا. F. سانتري أدالا إسيلا باجي بيسيرتا ديديك بادا جالور بنديديكان نون فورمال، خوسوسنيا بيسانترن أتاو سيكولا 8211 سيكولا يانغ بيرباسيسكان أغاما إسلام. B. بيرماسلاهان يانغ تمبول بادا ديديك ماسالا أدالا سواتو هال يانغ سيلالو ميليكات دلام سيبواه kehidupan. Dan بيرماساهان إيتو أكان سيماكين ميمونكاك كيتيكا ميريكا مينجياك أوسيا يانغ ترانسيسي يانغ إيتو بادا فاس ريماجا. كارينا بانياك بيروباهان يانغ تيرجادي بادا ماسا إيتو. دلام بوكو كارانغان البروفسور الدكتور H. سونارتو دان الدكتور ني. B. Agung هارتونو دلام بوكونيا يانغ بيرجودول بيركمبانغان بيسيرتا ديديك مينجيلاسكان باهوا أدا 3 فاكتور يانغ ميمبنغاروهي كيهيدوبان سيسورانغ إيلا فاكتور بوان (هيريديتي)، كيماتانغان (ماتوراتيون)، دان لينغكونغان (تراينينغ أند ليارنينغ). كيتيجا هال إيتو يانغ ميمنغاروهي كاراكتر بيزيرتا ديديك يانغ هاسيلنيا سينانتياسا بيرفارياسي يايتو أدا يانغ منغونتونغكان أتاو منغمات بيركامبانغان كاراكتر ترسيبوت. أوله كارينا غاريس لينتانغ بيربينداهان أوال سامباي أخير بيسيرتا ديديك تيداكلا سيلالو بيرجالان لوروس دان مولوس، تيتابي مونغكين سيبليكنيا بيرليكو-ليكو يانغ بيرغانتونغ بادا فارياسي صلاح ساتو أتاو بيبيرابا داري فاكتور دومينان تيرسيبوت. ليكو-ليكو بيركمبانغان يانغ إكستريم ميروباكان ماسالا يانغ تيداك موداه تيراتاسي، بيك أوله إنديفيدو يانغ بيرسانغكوتان أتاو أوليه ماسياراكات سيكارا كيسيلوروهان. غونارسا (1989) ميرانغكوم بيبيرابا كاراكتيريستيك بيسيرتا ديديك يانغ دابات مينيمبولكان بيرباغاي بيرماسالاهان بادا ديري بيسيرتا ديديك، يايتو: a. كيكانغونغان دلام بيرغولان دان كيكاكوان دلام جيراكان. كارنا تيلاه أدا بيروباهان فيسيك يانغ مينكولوك. ب. كيتيداكستابيلان إموسي سيهينغغا سيرينغ بنتروك دنغان سيساما تيمان. ج. أدانيا بيرسان هامبا أكيبات بيروباهان باندانغان دان بيتونجوك هدوب. د. أدانيا سيكاب مينينتانغ أورانغ توا كارينا تيلاه ميميليكي بولا فيكير سينديري. ه. بيرتنتانغان دي علم ديرينا سيرينغ منجادي بانغال بينيباب بيرتنتانغان-بيرتنتانغ دنغان أورانغ tua. Karna هال إيني تيداك أدانيا كيسيلاراسان أنتارا كينجينان دنجان باكات خسوس. F. كيجليساهان كارينا بانياك هال دينجينكان تيتابي تيداك سانغوب ميمنوهي سيموانيا. ز. سينانغ بيركسبريمنتاسي دان منكوبا بانياك هال. ح. سينانغ بيركسبلوراسي. أنا. ميمبونياي بانياك فانتاسي، خيالان، دان بوالان. ي. كيسنديرانغان ممبنتوك كيلومبوك دان كيسندورغان كيغياتان berkelompok. Seperti هدوب دلام غانغ يانغ تيداك تيربيمبينغ سيهينغغا موداه مينيمبولكان كيناكالان-كيناكالان. ك. ميلاكوكان بيرباتان-بيربواتان يانغ تيداك سيسواي دنغان نورما ماسياراكات دان أغاما. ل. بينيسويان يانغ سوليت ترهاداب سوسيال. م. أدا كيسندرونغان أونتوك مانديري تابي بيلوم بيزا منغاتور سينديري. ن. كينغ يانغ تيداك سيسوي دنغان بيريكونوميان كيلورغا. بيرداساركان تينجاوان تيوري بيركمبانغان، بيزيرتا ديديك خوسنيا سيوسيا ريماجا أدالا ماسا سات تريجادينيا بيروباهان-بيروباهان يانغ سانغات باسد باسيك كاراكتر، إموسي، سوسيال، بريلاكو دان ماسا ديبان. Sebagian بيسيرتا ديديكام مامبو مينغاتاسي ترانزيسي إيني دنغان بيك، نامون بيبيرابا بيسرتا ديديك بيسا جادي منغالامي بينورونان بادا كونديسي بسيكيس، فيسيولوجيس، دان سوسيال. بيبيرابا بيرماسلاهان يانغ مونكول بياسانيا بانياك بيرهوبونغان دنم كاراكتيريستيك يانغ يانغ أدا بادا بيسيرتا ديديك. بانياك سيكالي فاكتور-فاكتور يانغ إكوت بيربيران ترهاداب تيمبولنيا بيرماسلاهان بادا بيسيرتا ديديك يايتو: a. فاكتور بريبادي أتاو فاكتور إنترن، ميليبوتي: 1. سيفات يانغ مينورون داري أورانغ توا. 3. كيتيداكمامبوان مينيسويكان ديري. 4. كورانغ بيسا منيامبايكان غاغاسان كيبادا أورانغ لين. 5. كاباسيتاس ريندانيا إنتلكتوال. ب. فاكتور لينغكونغان أتاو فاكتور إكسترن، ميليبوتي: 1. مالنوتريسي (كيكورانغان جيزي) 2. كيميسكينان دي كوتا-كوتا بيزار 3. غانغوان لينغكونغان (بولوسي، بينكانا ألام، كيسيلاكان لالولينتاس) 4. ميغراسي (أوربانيساسي، بنغونغسي كارينا بيرانغ) 5. فاكتور سيكولا (كيزلان بنديديكان، فاكتور كوريكولوم) 6. كيلورغا يانغ تيرسيراي بيراي (بيرسيرايان، بيربيساهان يانغ تيرلالو لاما) 7. غانغوان دلام بينغاسوهان أوله كيلورغا (كيماتيان أورانغتوا، أورانغتوا ساكيت، أتاو أورانغتوا يانغ تيداك هارمونيس) 8. كيزيبوكان أورانغ توا يانغ سانجات بادات سيهينغا كورانغ ميمبراتيكان بيركمبانغان أناك-أننيا. C. بينتوك-بينتوك بيريلاكو منيمبانغ بيسيرتا ديديك دلام كاموس بيزار باهاسا إندونيسيا بيريلاكو مينيمبانغ ديارتيكان سيباغاي تينغكاه لاكو، بيرباتان، أتاو تانغابان سيسورانغ ترهاداب لينغكونغان يانغ بيرتنتانغان دنغان نورما-نورما دان هوكوم يانغ أدا دي دولام ماسياراكات. مينوروت غونارسا (1986) بريليكو مينيمبانغ تيرباغي منجادي 2 جينيس، يايتو: 1. بينيمبانغان يانغ تيداك دياتور دلام أوندانغ-أوندانغ (تيداك تيرماسوك بيلانغغاران هوكوم)، ميسالنيا ميمبولوس، كابور داري روما، ميماكاي باكيان تيداك سينونوه، دل. 2. بينيمبانغان يانغ دياتور دلام أوندانغ-أوندانغ (تيرماسوك ميلنغار هوكوم)، ميسالنيا بيمبونوهان، جودي، ممبركوسا. سيرينغ دنغان بيرجالانيا واكتو، بيسيرتا ديديك خوسنيا يانغ منجينجاك ماسا ريماجانيا أكان منغالامي سيبواه بيروباهان، يايتو ميريكا أكان تومبوه دان بيركمبانغ. بيرتومبوهان يايتو ميليبوتي فيسيكنيا ساجا، سيدانغكان بيركمبانغان إيتو ميليبوتي بسيكيسنيا، بيك إيتو بريبادي، جيوا، أتابون بيريلاكو ميريكا. لاجو بروسيس بيركامبانغان بيريلاكو دان بريبادي إيتو ديبنغاروهي أوله تيغا فاكتور، يايتو فاكتور بوان، كيماتانغان، دان لينغكونغان. كيتيجا فاكتور دومينان أوتاما إيتو سينانتياسا بيرفارياسي يانغ مونغكين دابات منغونتونغكان، ممباتاسي، أتابون منغمات لاجونيا بروسس بيركمبانغان تيرسيبوت. أوله كارينا غاريس لينتاسان بيربينداهان داري أوال سامباي أخير ماسا ريماجا إيتو تيداكلا سيلالو بيرجالان سيكارا لوروس دان مولوس، تيتابي مونغكين سيبليكنيا بيرليكو-ليكو يانغ بيرغانتونغ أتاس فارياسي صلاح ساتو أتاو بيبيرابا داري كيتيجا فاكتور دومينان تيرسيبوت. سيبيرتي كونتوه، بيزيرتا ديديك سيكولا ميننغاه بيرتاما. بادا سات إيتو ميريكا سيدانغ منغالامي ماسا بيراليهان مينوجو ماسا ريماجا يانغ ديتانداي دينغا بيرباغاي مسخ كاراكتيريستيك، سيبيرتي الجنس في سن المراهقة ميميزار بيسيرتا بادا ريماجا لاكي-لاكي، بينغول في سن المراهقة ريماجا بيريمبوان، دل. بادا ماسا إيتو ميريكا أكان مينكاري جاتي ديري ميريكا ماسينغ-ماسينغ سيهينغغا بيروباهان جيوانيا أكان مونكول. دلام بيناريان جاتي ديري إيني، سيورانغ ريماجا كادانغ ميلاكوكان سواتو بيربواتان يانغ تيداك سيهاروسنيا ميريكا لاكوكان يانغ بيربواتان تيرسيبوت أكان ميروجيكان ديرينيا سينديري دان جوغا أورانغ لين، بيريلاكو ترسيبوت دابات ديكاتاكان سيباغاي بيريلاكو يانغ مينيمبانغ. بينتوك 8211 بينتوك بينيمبانغان يانغ سيرينغ ديلاكوكان أوله ريماجا يايتو ميليبوتي، بيرباتان أوال بينكوريان (بيربوهونغ)، بيركلاهيان أنتار سيسوا (توران)، منغانغو تيمان، بيركاتا كاسار دان تيداك مينغورماتي أورانغ توا، ميروكوك، مينونتون بورنوغرافي، كورات-كوريت تيمبوك سيكولا، كورانغ هورمات كيبادا غور دان كارياوان، سخيف ديسيبلين ترهاداب واكتو دان تيداك منغين بيراتوران، سخيف كندهان دان كيبيرسيهان لينغكونغان، دان بيربوات أسوسيلا. بادا داسارنيا كيناكالان ريماجا مينونجوك بادا سواتو بينتوك بيريلاكو ريماجا يانغ تيداك سيسواي دنما نورما-نورما يانغ هيدوب دي دلام masyarakatnya. Kartini كارتونو (2003) سيكارا تيغاس دان جيلاس ميموريكان باتاسان كيناكالان ريماجا ميروباكان جيجالا ساكيت سيكسيال بادا أناك-أناك دان ريماجا يانغ ديسبابكان أوله بنتوك بينغابايان سوسيال، سيهينغغا ميريكا إيتو منجمبانغكان بينتوك تينغكا لاكو يانغ مينيمبانغ. بيريلاكو أناك-أناك إيني مينونجوكان سخيف تيداك أدانيا كونفورميتاس ترهادب نورما-نورما سوسيال. D. إمبليكاسينيا باجي بنديديكان دلام بيرماسلاهان يانغ تيمبول بادا بيزيرتا ديديك بيسا بيريمبليكاسي باجي بنديديكان. مفلس بيزيرتا ديديك جادي تيداك جارانغ سيكولا، مالاجار، مينغانغاب بينديديكان سيباجاي سواتو هال يانغ تيداك بينتينغ، بانياك ميلانغغار الهواة، دلل. أونتوك منغورانجي كيمونغكينان تومبوهنا بيرماسلاهان يانغ تيمبول بادا بيزيرتا ديديك خوسوسيا بادا ماسا ريماجا، دلام رانغكا كيجياتان بنديديكان يانغ دابات ديلاكوكان الفقرة ديانتارا أوساها-أوساها بيمبينان يانغ بيرلو دي بيراتيكان، سيكورانغ-كورانغنيا بنديديك أومنيا دان بارا جورو خسوسنيا: 1. هنداكنيا سورانغ المعلم برنامج منغاداكان دان بيرلاكوان لايانان خسوس باجي سيسوا ريماجا بريا دان سيسوا ريماجا وانيتا (ميسالنيا دلام بيلاجاران أناتومي، فيسيولوجي دان بنديديكان أولراغاغا) يانغ ديبيريكان بولا أوليه بارا غورو يانغ دابات مينيلغارغاران بينجيلاسانيا دنغان بينوه كرام. توجوان داري أوساها ترسيبوت أدالا أونتوك موماهامي دان منغورانجي ماسالا-ماسالا يانغ مونجكين تيمبول بيرتاليان دنجان بيركامبانغان فيسيك دان بسيكوموتوريك ريماجا. 2. ميمبرهيتونغكان سيغالا أسبك سيلينكاب مونغكين دينغان داتا أتاو إنفورماسي سيكيرمات مونغكين يانغ مينيانغكوت كيمابوان داسار إنتلكتوال (إق)، باكات خوسوس (أبتيتيودس)، ديسامبينغ أسبيراسي أتاو كينغينان أورانغتوانيا دان سيسوا يانغ بيرسانغكوتان. تيروتاما بادا ماسا بينجوروسان أتاو بيمليهان دان بيننتوان بروغرام ستودي. أوبايا تيرسيبوت برتوجوان ونتوك ميماهامي دان منغورانجي ماسالا-ماسالا يانغ مونغكين تيمبول بيرتاليان دنغان بيركامبانغان بهاسادان بيريلاكو كوغنيتيف. 3. سيهاروسنيا سيورانغ جورو بيزا منغاكتيفكان دان منغكيتكان هوبانغان روما دنغان سيكولا (بارنت تيتشر أسوسياتيون) ونتوك سالينغ مندكاتكان دان مينيلاراسكان سيستيم نيلاي يانغ ديكيمبانغكان دان كارا بيندكاتان ترهاداب سيسوا ريماجا سيرتا سيكاب دان تينداكان بيرلوان ليانان يانغديبيريكان دلام بيمبينانيا. توجوانا أدالا أونتوك موماهامي دان منغورانجي ماسالا-ماسالا يانغ مونغكين تيمبول بيرتاليان دنغان بيركمبانغان بيريلاكو سوسيال، مورياليتاس دان كيساداران هيدوب أتاو بينغاياتان كيجمان. 4. سيورانغ المعلم أتاو بنديديك أونتوك ماهاهامي دان منغورانجي ماسالا-ماسالا يانغ مونغكين تيمبول بيرتاليان دنغان بيركمبانغان فونجسي-فونجسي كونتاتيف، أفكتيف دان كيبريبادياننيا. A. أناليسيس توريتيس مانوسيا تيداك ديلايركان دلام كيدان يانغ تيلاه مامبو مينيسويكان ديري. ماكا بينيسويان إيتو ميميرلوكان بروسس يانغ كوكوب أونيك. كيتيكا مينجالاني سيبواه بروسسنيا سيرينغ بيربنتروكان دنغان سيبواه بيرماسلاهان. بيجيتوبون بادا بيسيرتا ديديك، بيرماسلاهان سيرينغ كالي داتانغ سيليه بيرغانتي. بينتوك كيناكالان-كيناكالان يانغ ديلاكوكان بيسيرتا ديديك خوسنيا يانغ بار منجيناك ماسا ريماجانيا التحيز ديكاتاكان بيريلاكو منمبانغ. كيبانياكان بينيمبانغان يانغ ميريكا لاكوكان تيرماسوك بينيمبانغان يانغ تيداك تيركانتوم دلام أوندانغ-أوندانغ، دان بينيلزايانيا تيداك ميلالوي هوكوم، سيبيرتي مينكوريت-كوريت تيمبوك سيكولا، منغكات رامبوت، بيربوهونغ، دل. تيتابي أدا جوغا داري ميريكا يانغ ميلاكوكان بينيمبانغان يانغ بينيلزايانيا إيتو هاروس ميلالوي هوكوم، سيبيرتي مينكوري، تاوران أنتارا بيلاجار، جودي، دان لين-لين. بانياك فاكتور-فاكتور يانغ دابات مينيمبولكان سيبواه بيرماسلاهان، بيك سيكارا إنترن، أتاو سيكارا إكسترن بيزيرتا ديديك. ماكا بيرلو بيندامبينغان يانغ سانغات كثيف دندي بنديسك دان بارا أورانغ tua. Hal إيني دي ماكسودان مينيماليا بيسا ميمينيماليسير بيرماسلاهان يانغ تيمبول بادا بيسيرتا ديديك. سيتيلاه دياناليسيس، أورانغ توا دان بنديديك سانغات بيربيران أكتيف دلام بروسس بيركمبانغان بيسيرتا didik. Maka جيكا أورانغ توا تيرلالو سيبوك دنغان أوروسانيا ماكا بانياك بيرماسلاهان يانغ تيمبول أونتو مناريك بيراتيان أورانغ توا. داري بيرماسلاهان-بيرماسلاهان يانغ تيمبول تيرسيبوت دابات بيريمبليكاسي بيسار بادا جيوانيا، بيكولوغينيا، بنديديكانيا، كيهيدوبانيا أتاو ماسا ديبانيا كيلاك. سيبينارنيا بانياك كارا ونتوك منغورانجي دان منسيغاه بيرماسلاهان إيني تيرجادي. مولاي داري لينغكونغان يانغ الآسيوية، بيندكاتان أغاما، بنديديك يانغ ميمبيمبينغ بيسيرتا ديديكا دنجان بيك، سيرتا أورانغ توا يانغ عضوي بيراتيان بانياك. تيتابي فاكتور داري ديري سينديري يانغ بالينغ دومينان دان مينينتوكان، يايتو موتيفاسي داري ديري سينديري. ماكا والوبون لينغكونغان يانغ سخيف، سخيف بيراتيان داري أورانغ توا دان فاكتور بينغامبات لين كالاو موتيفاسي علم ديرين كوات ماكا بيرماسلان يانغ تيمبول أكان ركوب الخيل. B. أناليسيس براكتيس أدا سيبواه أرتيكيل يانغ منيانغكوت ماسالا بيزيرتا ديديك دلام كيهيدوبان سيهاري-هاري، بيريكوت سيريتانيا: جاكارتا 8211 بيريستيوا بينغانياان (بوليينغ) يانغ ديلاكوكان سيسوا سما دون بوسكو ترهاداب جونيور مينوي كيكامان داري بيرباغاي كالانغان. تاك سيديقت يانغ بيرانغابان باهوا بيهاك سيكولا غغال ممبنتوك الأخلاقية موريد ديديكنيا. نامون جيكا ديكاجي ليبيه جوه، بيهاك سيكولا بوكانلا ساتو-ساتونيا ليمباغا يانغ هاروس بيرتانغونغ جواب دلام بيريستيوا سيبيرتي. كونسولتان ريماجا داري تسعة ب عيادة الطالب، أنريو مارفيزال، بيرانغابان باهوا أورانغ روما دلام هال إيني كيلورغا، جوسترو منجادي بيهاك هاروس ليبيه ديسوروت تيركايت كاراكتر بيلاكو بلتوينغ. سيباب، موريد ديديك ليبيه سيرينغ منغابيسكان واكتو دي لوار كيتيمبانغ دي دلام سيكولا. 8220Moral إيتو تيمبول داري ماسينغ-ماسينغ anak. Sekolah ممبوكتيكان تيداك ممبينا العقلية باغي موريدنيا. باغي سيكولا بوكان بينكيل يانغ كيلوار سيمونيا أكان منجادي أورانغ بايك، تابي أدا بيهاك كيلورغا دي سانا يانغ جوغا ميميليكي تانغونغ جواب، 8221 تيغاس أنريو سعت بيربينكانغ دنغان أوكيزون، سينين (30/7/2012). أنريو بيربندابات، كاراكتر سيسوا يانغ كيراب ميلاكوكان بوليينغ دي سيكولانيا دينيلاي كارينا كورانغ مينداباتكان بيرهاتيان، بينغاكوان، سيرتا كاسيه سايانغ داري أورانغتوانيا. كارينا إيتو، سانغ سيسوا تادي كيراب ميميليه بينغاكوان داري أورانغ لين صلاح ساتونيا دنغان كارا ميلاكوكان البلطجة ترهاداب جونيور. 8220Anak-أناك يانغ مينكاري إكسيستنسي دي لينغكونغان لوار تانبا كاسيه سايانغ يانغ ترتانام دلام كيلورغا أكان ميمبوات سيفات أناك ترسيبوت منجادي أغريسيف. كالاو دي روما سوداه ديتانامكان شقراء اللسان، سيسوا تادي آنا ميناداري كالاو منياكي أورانغ لين أدالا تينداكان يانغ تيداك، 8221 تانداسنيا. ديرينيا منجيمباو، بيهاك سيكولا دان كيلورغا دابات تيروس بيرساما منغاواسي بيركمبانغان موريد ديديك. دنكان ديميكيان، أنريو ياكين تينداكان كيكيراسان دي سيكولا تاك أكان تيرجادي لاجي. 8220Jangan سامباي أورانغ توا هانيا منكوبي أننيا دنجان كيبوثوهان ماتيري ساجا تيتابي هاروس تيتاب دياواسي دان دياراهان أجار يانغ ديلاكوكان سي أناك تيداك نيغاتيف دان امرأة سمراء أورانج لين 8221 بونغكاس أنريو. سيباغيمانا ديبيريتاكان سيبيلومنيا، بيهاك سما سيروني دون بوسكو، بوندوك إنداه، ميموريكان سيريتا سينغكات منغيناي كرونولوجي بيريستيوا بوليينغ يانغ تيرجادي دي سيكولانيا. كرونولوجي إيني ديدابات داري هاسيل بيمريكسان سيسوا-سيسوا يانغ تيركايت. كيجاديان إيتو تيرجادي سيوساي بولانغ سيكولا بادا هاري سيلاسا 25 جولي لالو سيكيرا بوكول 13.45 ويب. سيورانغ سيسوا كيلاس X ديكيريمي بيسان بلاكبيري مسانجر (بم) أوله سيورانغ كاكاك كيلاسنيا كيلاس زي ونتوك أجاكسان نونغكرونغ دي صلاح ساتو تمبات يانغ بيرناما بيرتوك دي كواسان بوندوك إنداه. سيبيلوم سانغ سيسوا بيرجي ونتوك ميمنوهي أجاكان إيتو، ديا منغاجاك تيغا أورانغ ريكانيا ونتوك مينيماني. بيرساما سانغ كاكاك كيلاس تادي، ميريكا بيرمبات جانجيان دي تمبات برناما بابيلون. داري بابيلون أناك كيلاس X تادي دياجاك كي بيرتوك منغوناكان موبيل. دي بيرتوك، سوداه أدا سيسوا كيلاس X دان زي لينيا يانغ مينونغو. سيسوا يانغ بارو تادي لانغسونغ دي سوروه جونغكوك دان ميليباس جاكيت ميريكا. ساك جاكيت ديبوكا، أناك كيلاس X ditempeleng. Mereka tidak melihat siapa yang menempeleng karena dalam keadaan menunduk، كاتا واكيل كيبالا سيكولا بيانغ كيسيسوان سما دون بوسكو، جيراردوس غانتور، بيلوم لاما إيني. بارا سيسوا كيلاس X تادي منغاكو تيداك منغيتاهوي سيابا يانغ مينمبلنغ ميريكا. يانغ دياكوي الفقرة سيسوا كيلاس X، أدا سيكيتار 18 أورانغ دي تمبات ترسيبوت ديلبان أورانغ ميروباكان سيسوا كيلاس زي سيدانغ يانغ لينيا تيداك ديكنالنيا. ديا منجيلاسكان، داري بينغاكوان بارا كوربان يانغ ميروباكان سيسوا كيلاس زي، كيبانياكان ميريكا مينداباتكان تمبلنغان سيبانياك دوا سامباي تيغا كالي ديباجيان kepala. Ada يانغ دوا كالي تيغا كالي، بيموكولان دي kepala. Yang بالينغ بارا، أري ديسندوت روك، إمبو ديا. كاسوس بليينغ إيني ديلبوركان كيلورغا أري كي بولريس جاكرتا سيلاتان، رابو 25 جولي malam. Dalam لابوران ترسيبوت آري يانغ ميروباكان سيسوا بارو دي دون بوسكو منيبوت ديانيايا أوليه 18 أورانغ يانغ ميروباكان كاكاك كيلاسنيا. سيلين إيتو، دلام لابوران تيرسيبوت جوغا ديلامبركان هاسيل فيسوم أري ديباجيان تنكوك أكيبات لوكا سوندوتان. دلام لابوران تيرسيبوت أدا دوا أوربان كوربان لين سيلين أري. سايانغنيا، هانيا أري يانغ ميلابور كي بوليسي. بيرداساركان أناليسيس كيجاديان تيرسيبوت، أدابون سولوسينيا يايتو: 1. بيرلو أدانيا بيرهاتيان داري بيهاك كيدوا أورانغ توا. 2. بينغواسان داري بيهاك سيكولا 3. ديبيري بينجيتهوان يانغ ليبيه لواس، سيهينغغا بيسا منجيتاهوي مانا يانغ بينار موبون مانا يانغ صلاح. كسيمبولان دان ريكومنداسي ماسا ريماجا ميروباكان سيغمين كيهيدوبان يانغ بينتينغ دلام سيكلوس بيركامبانغان إنديفيدو، دان ميروباكان ماسا ترانسيسي يانغ دابات دياراهكان كيبادا بيركمبانغان ماسا نواسا يانغ سيهات أبابيلا غاغال دلام توغاس بيركامبانغانيا، دلام منغمبانغكان راسا إيدنتيسنيا. ماكا ريماجا أكان كيهيلانغان أرا. دامباكنيا ريماجا أكان منغمبانغكان بيريلاكو مينيمبانغ، ميلاكوكان كريميناليتاس أتاو مينوتوب ديري (منغيسولاسي ديري) داري ماسياراكات كارينا تيداك ميندودوكي بوسيسي يانغ هارمونيس دلام ماسياراكات. فاكتور بينيباب كيناكالان ريماجا ياكني. فاكتور بريبادي دان فاكتور لينغكونغان. بيندكاتان دان بيميكاهانيا داري بنديديكان ميروباكان صلاح ساتو جالان يانغ بالينج ستراتيجيس أونتو مينغاتاسي ديليكونسي بادا رياجا كارينا سيباجيان بيسار ريماجا يانغ بيرسيكولا دينغان بارا بنديديك ميمبونياي بالينغ بانياك كيسمباتان بيركومونيكاسي دان بيرغول. ميتود ونتوك منغاتاسي ديليكونسي بادا ريماجا يايتو مينغاتاسي ماسالا-ماسالا يانغ دابات منغاكباتكان ديليكونسي بادا، كونتوانيا بيركامبانغان فيسيك دان بيسيكوموتوريك، بيركامبانغان باهاسا دان بيريلاكو كوغنيتيف، بيركمبانغان بيريلاكو سوسيال، موراليتاس، دان كيغمان، بيركامبانغان بيريلاكو أكتيفيف، كوغنيتيف دان كيبريباديان. بوديامين، أمين، M. بد. الدكاترة. 2006. بيركمبانغان بيسيرتا ديديك. باندونغ: وبي برس ديسميتا، درا، M. سي. 2009. بسيكولوجي بيركيمبانغان بيسيرتا ديديك. باندونغ. بت ريماجا روزداكاريا كوسميدي، نورلان. 2008. بيركمبانغان بيسيرتا ديديك. باندونغ: بو. تصميم لن، سيامسو يوسف، dkk.2011. بيركمبانغان بيسيرتا ديديك. جاكارتا: رجاء غرافيندوبرسادا سينولونغان، A. E.1997. بسيكولوجي بيركيمبانغان بيسيرتا ديديك. جاكرتا: توكو غونونغ غونغ سيامسودين ماكمون، أبين. 2007. بسيكولوجي كيبنديديكان. باندونغ: ريماجا روزداكاريا أنيسا. مينكاري ماتيري، منغاناليسيس، منغومبولكان بوكو، مينيوسون، تصفح، ديكوسي دي. مينكاري ماتيري، مينغاناليسيس، مينيوسون دان ميرابيهكان ماكلا، مينيدياكان لابتوب، بروزينغ، ديسكوسي، منجيريم ليوات إمايل. م. asyam. mencari materi menganalisis, mengedit, menyusun, browsing, diskusi suroya. mencari materi, menganalisis, mengumpulkan buku, menyusun, menyediakan laptop, browsing, diskusi. Manusia adalah makhluk sosial, maka ia melakukan interaksi sebagai tuntutan alam. Manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dalam suasana yang terisolasi. Dengan kata lain, manusia senantiasa membutuhkan bantuan manusia lain. Hukum sebagai sesuatu yang berkenaan dengan manusia, maka hubungan manusia dengan sesama manusia lainnya ada dalam suatu pergaulan hidup. Sebab tanpa pergaulan hidup tidak akan ada hukum ( ibi societas ibi ius, zoon politicon ). Hukum berfungsi untuk mengatur hubungan pergaulan antara manusia. Tetapi tidak semua perbuatan manusia itu memperoleh pengaturannya. Hanya perbuatan atau tingkah laku yang diklasifikasikan sebagai perbuatan hukum saja yang menjadi perhatian. (Lili Rasjidi, 1982:8) Hubungan hukum itu terdiri dari ikatan-ikatan antara individu dengan individu dan antara individu dengan masyarakat. Dalam usahanya mengatur, hukum menyesuaikan dengan kepentingan masyarakat secara baik. Sebagai kumpulan peraturan atau kaedah, hukum mempunyai isi yang bersifat umum dan normatif, umum karena berlaku bagi setiap individu atau setiap orang, normatif karena menentukan apa yang seyogyanya dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, serta menentukan bagaimana cara melaksanakan kepatuhan pada kaedah-kaedah. Kaedah hukum bertujuan untuk melindungi kepentingan manusia sebagai makhluk sosial. Karenanya kaedah tersebut harus ditaati, harus dilaksanakan dan dipertahankan, tapi bukannya dilanggar. Melakukan pelanggaran terhadap kaedah hukum dinilai buruk, sebaliknya patuh terhadap kaedah itu adalah baik. Olehnya itu kaedah hukum dpat juga disebut sebagai kaedah etis. (Sudikno Mertokusumo,1991:36) Etika itu menyelidiki segala perbuatan manusia kemudian menetapkan hukum baik atau buruk, tetapi bukanlah semua perbuatan itu dapat diberi hukum, sebagaimana perbuatan manusia itu ada yang timbul tanpa kehendaknya seperti bernapas, denyut jantung dan memicingkan mata dengan tiba-tiba. Ada pula perbuatan manusia yang timbul karena kehendak dan setelah dipikir masak-masak akan hasil dan akibatnya, sebagaimana orang yang melihat pembangunan rumah sakit yang dapat memberi manfaat kepada orang banyak untuk meringankan penderitaan yang sakit, kemudian ia lalu bertindak untuk membangun rumah sakit itu. Begitu pula jika ada orang bermaksud akan membunuh musuhnya, lalu memikirkan cara-caranya dengan pikiran yang tenang, kemudian ia melakukan apa yang ia kehendaki. Inilah perbuatan yang disebut perbuatan kehendak, yang dapat diberi hukum baik atau buruk. (Ahmad Amin,1995:3) Jadi etika sebagai usaha manusia untuk menilai mana yang baik dan mana yang buruk terhadap perbuatan yang dilakukan. Karena dengan mengetahui nilai baik dan buruk itu, sehingga manusia terdorong untuk melakukan perbuatan berdasarkan nilai itu tadi. Jika di dalam suatu masyarakat tertanam nilai kebaikan pada masing-masing individu, maka nilai tersebut akan tercermin dalam perilakunya dengan melakukan perbuatan baik, sehingga akan menjadi etika pada masing-masing individu tersebut. Suatu ketika yang sudah tertanam kuat dalam masyarakat akan memudahkan untuk menciptakan suatu kaedah, sehingga kedamaian dapat diwujudkan. B. Rumusan Masalah Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu 1. Apakah hukum itu. A. Pengertian Hukum Untuk memperoleh gambaran mengenai defenisi hukum sangatlah sulit, tetapi bukan berarti tidak perlu membuat suatu defenisi hukum. Menurut Achmad Ali (2002:9-10) bahwa hukum merupakan sesuatu yang luas dan abstrak, hukum terlalu luas aspeknya, meskipun dalam manifestasinya bisa berwujud konkrit. Penggunaan defenisi hukum lebih banyak tergantung pada aspek mana hukum itu dipandang. Sehubungan dengan hal tersebut, Rusli Effendy dkk (1991:6) mengutip pendapat Immanuel Kant menyatakan bahwa 8220 noch suchen die juristen eine definition zu ihrem begriffe von recht 8221 artinya, tidak ada seorang jurispun yang dapat memberikan defenisi hukum secara tepat. Kedua pernyataan pakar tersebut, memberikan isyarat bahwa betapa hukum itu sulit untuk diberikan defenisi. Akan tetapi, sebagai suatu pegangan untuk kelengkapan berbagai defenisi hukum, maka dapat diambil pendapat beberapa pakar. Hans Kelsen mendefenisikan hukum sebagi suatu perintah memaksa terhadap tingkah laku manusia, jadi hukum adalah kaidah primer yang menetapkan sanksi-sanksi. Pandangan ini sangat mencerminkan ciri positivisnya, Kelsen melihat hukum positif sebagai satu-satunya hukum, karena memisahkan dari segala pengaruh anasir-anasir non hukum seperti moral, politis, ekonomis, sosiologis, dan sebagainya. Pandangan semacam ini tidak relevan lagi dalam masa modern ini. (Achmad Ali,2002:29) Emmanuel Kant mendefenisikan hukum sebagai suatu keseluruhan kondisi-kondisi di mana terjadi kombinasi antara keinginan-keinginan pribadi seseorang dengan keinginan-keinginan pribadi orang lain sesuai dengan hukum umum mengenai kemerdekaan. Defenisi Kant tidak memisahan antara hukum dan kaidah sosial lainnya. Jika hanya sekedar kondisi yang menciptakan kombinasi keinginan pribadi seseorang dengan pribadi lainnya maka kondisi seperti itu juga mampu diciptakan oleh kaedah sosial lainnya seperti moral, kesopanan dan agama. (Ibid:27) Jadi defenisi tersebut, lebih ditekankan pada aspek kepatuhan dan pembatasan terhadap kehendak bebas dengan berdasar pada seperangkat peraturan. Dengan kata lain, penekanannya terletak pada aspek ketaatan. E. Utrecht memberikan pula defenisi hukum yaitu himpunan petunjuk hidup perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat, yang seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan, dan akibat pelanggaran dari petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa masyarakat itu. Dari defenisi ini Utrecht memandang hukum tidak sekedar kaedah, melainkan juga sebagai gejala sosial dan sebagai kebudayaan. (Ibid:32) Defenisi ini penekanannya terletak pada aspek kemanfaatan berupa jaminan ketertiban pada warga masyarakat sebagai suatu komunitas. Leon Duguit mendefenisikan hukum yang merupakan tingkah laku masyarakat, sebagai aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh warga masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran. (Ibid:22) Sedang Grotius mendefenisikan 8220 law is a rule of moral action obliging to that wich is right 8221(Ibid:27) (Hukum adalah peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan). Kedua defenisi tersebut, menunjukkan terhadap penekanan berupa jaminan keadilan. Curzon (1979:140) mendefenisikan hukum yakni, 8220 Law is the sum of the conditions of social life in the widest sense of the term, as secured by the power of the states through the means of external compulsion 8221 (Hukum adalah sejumlah kondisi kehidupan sosial dalam arti luas, yang dijamin oleh kekuasaan negara melalui cara paksaan yang bersifat eksternal). Sejalan dengan hal tersebut, Achmad Ali (2002:35) cenderung melihat hukum sebagai seperangkat kaedah atau aturan yang tersusun dalam suatu sistem, yang berisikan petunjuk tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia sebagai warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, yang bersumber baik dari masyarakat sendiri maupun dari sumber lain, yang diakui berlakunya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, serta benar-benar diberlakukan oleh warga masyarakat (sebagai suatu keseluruhan) dalam kehidupannya, dan jika kaedah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan bagi otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi yang sifatnya eksternal. Bagi kalangan Muslim, yang dimaksudkan sebagai hukum adalah hukum Islam, yaitu keseluruhan aturan hukum yang bersumber dari Al-Quran, dan dalam kurun waktu tertentu lebih dikonkritkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam tingkah laku beliau, yang biasa disebut Sunnah Rasul. Kaedah-kaedah yang bersumber dari Allah SWT kemudian lebih dikonkritkan dan diselaraskan dengan kebututhan zamannya melalui ijtihad atau penemuan hukum oleh para mujtahid dan pakar pada bidangnya masing-masing. Seperti Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazzali berpendapat bahwa 8220Fiqhi itu bermakna faham dan ilmu. Namun pada uruf ulama telah menjadi sesuatu ilmu yang menerangkan hukum-hukum syara yang tertentu bagi perbuatan-perbuatan para mukallaf, seperti wajib, haram, mubah, sunnat, makruh, shahih, fasid, bathil, qadla, ada dan sepertinya8221. (Ibid:33-34) Begitu pula oleh Ahmad Zaki Yamani memberikan pengertian syariat Islam secara luas dan sempit. Syariat Islam secara luas yaitu meliputi semua hukum yang telah disusun dengan teratur oleh para ahli fiqhi dalam pendapat-pendapatnya tentang persoalan di masa mereka, atau yang mereka perkirakan akan terjadi kemudian, dengan mengambil dali-dalil langsung dari Al-Quran dan Al-Hadits, atau sumber pengambilan hukum seperti ijma, qiyas, istihsan, isitish-shab dan mashalih mursalah. Sedang syariat Islam secara sempit adalah terbatas pada hukum-hukum yang berdalil pasti dan tegas, yang tertera dala Al-Quran dan Hadits shaheh atau ditetapkan dengan Ijma.(Ibid:34) Berdasarkan dengan beberapa pendefenisian hukum tersebut, maka dapat dikatakan bahwa hukum merupakan persoalan suruhan dan larangan, baik secara lahiriyah maupun bathiniyah, sehingga kalau suruhan itu dilaksanakan tentu mendapat hadiah/pahala, dan jika larangan dilakukan tentu mendapat sanksi/ganjaran. Dasarnya Al-Quran Surah An-Nisa ayat (59) yang maksudnya: 8220Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya dan orang-orang yang berkuasa di antara kamu, jika di antaramu ada perbedaan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasulnya, jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya. Dengan demikian itu, bahwa terjadinya perbedaan di antara para pakar tentang pendefenisian hukum disebabkan oleh perbedaan sudut pandang. Betapa luas aspek hukum sehingga menimbulkan beragam defenisi yang luas cakupannya. Hukum terkadang dipandang dari sudut sosiologi, hukum biasanya ditinjau dari aspek kesejarahan, serta hukum adakalanya dilihat dari segi filsafat, dan dari segi agama. B. Pengertian Etika Pada kehidupan manusia terentang dalam suatu jaringan norma-norma yang berupa larangan, pantangan, kewajiban-kewajiban dan lain sebagainya. Norma-norma itu terdiri atas norma-norma tehnis, norma sopan santun, norma hukum, norma moral dan norma-norma keagamaan (A. Gunawan Setiardja,1990:90). Norma-norma itulah yang menjadi kekuatan normatif untuk diperhitungkan dan dipijakinya dalam kehidupan dan pencarian pemenuhan kebutuhan hidup antar manusia. Rumusan tersebut kemudian ditarik dalam sebuah defenisi inti bernama 8220moral8221 (etika). Orang tinggal menyebut seseorang yang melanggar hukum dengan julukan sebagai penjahat atau pelecehan moral hukum. Seperti seseorang yang melakukan perzinaan maka dapat disebut sebagai pelanggar moral keagamaan. Juga seseorang yang melakukan satu jenis pelanggaran dapat disebut sebagai pelanggar sekian macam kaedah moral. Kemudian jika seseorang berbicara tentang hal-hal yang baik, hidup teratur, bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tidak melanggar aturan main, maka hal itu sudah masuk dalam studi mengenai bagaimana hidup yang berlandaskan etika dan bagaimana hidup yang disebut melanggar etika. (Abdul Wahid,1997:2) Bertens mengemukakan bahwa, 8220etika8221 berasal dari bahasa Yunani kuno 8220 ethos 8221 dalam bentuk tunggal yang berarti adat kebiasaan, adat isitadat dan akhlak yang baik. Bentuk jamak dari 8220 ethos 8221 adalah 8220 ta etha 8221 artinya adat kebiasaan. Dari bentuk jamak tersebut, terbentuklah istilah 8220etika8221 yang oleh filsuf Yunani Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Berdasarkan asal usul kata 8220etika8221 ini, maka diartikan ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. (Abdulkadir Muhammad, 2001:13) W. J.S. Poerwadarminta (1999:278) dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral). Pandangan ini selain menyamakan antara etika dengan moral, juga menyamakan etika dengan akhlak, yang dalam etika Islam dikategorikannya pada dua akhlak, yaitu akhlak yang baik disebut 8220 akhlaqul mahmudah 8221 dan akhlak yang berkaitan dengan perilaku buruk disebut 8220 akhlaqul madzmumah 8221. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,1989:237) merumuskan pengertian etika dalam tiga arti yaitu: 1) ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak) 2) kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak dan 3) nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Inu Kencana Syafiie (1994:1) menjelaskan bahwa etika sama artinya dengan kata Indonesia 8220kesusilaan8221 yang terdiri dari bahasa sansekerta 8220su8221 berarti baik, dan 8220sila8221 berarti moral kehidupan. Jadi etika menyangkut kelakuan yang menuruti norma-norma yang baik. Pengertian ini menempatkan etika sebagai seperangkat norma dalam kehidupan manusia yang tidak berbeda dengan norma-norma kesusilaan. E. Sumaryono (1995:12) menjelaskan pula pengertian etika yaitu berasal dari istilah bahasa Yunani ethos yang mempunyai arti adat istiadat atau kebiasaan yang baik. Bertolak dari pengertian ini kemudian etika berkembang menjadi studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya. Selain itu, etika juga berkembang menjadi studi tentang kebenaran dan ketidak benaran berdasarkan kodrat manusia yang diwujudkan melalui kehendak manusia. Berdasarkan perkembangan arti tadi, etika dapat dibedakan antara etika perangai dan etika moral. Etika perangai adalah adat istiadat atau kebiasaan yang menggambarkan perangai manusia dalam hidup bermasyarakat di daerah-daerah tertentu, seperti berbusana adat, upacara adat, perkawinan semenda dan sebagainya. Sedang etika moral adalah yang berkenaan dengan kebiasaan berperilaku baik dan benar berdasarkan kodrat manusia, hal ini terwujud dalam bentuk kehendak manusia berdasarkan kesadaran berupa suara hati nurani, seperti berbuat jujur, menghormati guru, menyantuni anak yatim, membela kebenaran dan keadilan serta banyak lagi yang lain. (Abdulkadir Muhammad,2001:15) Hamzah Yakub (1983:13) merumuskan bahwa, etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk serta memperlihatkan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Sudikno Mertokusumo (1991:36) merumuskan pula pengertian etika yaitu usaha manusia untuk mencari norma baik dan buruk. Etika diartian juga sebagai 8220 the principles of morality 8221 atau 8220 the field of study or morals or right conduct 8221. Secara lebih sederhana dapatlah dikatakan bahwa etika adalah filsafat tingkah laku atau filsafat mencari pedoman untuk mengetahui bagaimana manusia bertindak yang baik atau etis. Pendapat E. Wayne Mondy dan Robert M. Noe tentang etika yang dikutif oleh Moekijat (1995:6) menyatakan bahwa 8220 ethics is the discipline with is good and bad or right and wrong or with moral duty and obligation 8221. Etika adalah suatu disiplin (keadaan pengendalian diri sendiri dan tingkah laku) yang berkaitan dengan apa yang baik dan buruk atau dengan apa yang benar dan apa yang salah atau dengan hak dan kewajiban moral. Pandangan Sudarsono (1993:188) tentang etika yaitu ilmu yang membahas tentang perbuatan manusia baik atau buruk sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Etika disebut juga akhlak atau disebut pula moral. Imam Al-Gazali (tt:56) mendefenisikan etika (akhlak) dengan. Artinya: 8220Kebiasaan jiwa yang terpatri dalam diri manusia yang dengannya dapat menimbulkan berbagai tingkah laku (perbuatan), tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan8221. Mencermati dari sekian rumusan tentang etika (moral), maka dapat dikatakan bahwa etika itu suatu studi dan panduan tentang perilaku yang harus dikerjakan atau sebaliknya tidak dilakukan oleh manusia. Apa yang disebut sebagai perbuatan baik atau buruk dijadikannya sebagai muatan secara umum dari etika. Etika merupakan pandangan hidup dan pedoman tentang bagaimana orang itu seyogyanya berperilaku. Etika yang berasal dari kesadaran manusia merupakan petunjuk tentang perbuatan mana yang baik dan mana yang buruk. Etika juga merupakan penilaian atau kualifikasi terhadap perbuatan seseorang dan atau merupakan nilai moralitas yang sesuai dengan standar moral dan nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan masyarakat. Dengan demikian itu, etika adalah studi tentang kebenaran dan ketidak benaran yang didasarkan atas kodrat manusia, yang bermanifestasi di dalam kehendak manusia. Nilai-nilai moral yang dikembangkan dengan maksud untuk memungkinkan adanya kehendak bebas. Nilai-nilai tersebut juga terwujud secara nyata di dalam setiap kontak antar individu dalam pelaksanaan kewajiban dan kesadaran masing-masing individu sehingga norma-norma moral yang berlaku selalu mendapatkan perhatian dan pembahasan dalam segala situasi yang melingkari hidup manusia. Jadi ajaran etika paralel dengan ajaran moral, yang mengajarkan orang supaya setiap berkomunikasi bersikap jujur, sopan dan berakhlak, saling hormat-menghormati dan saling toleransi dalam arti yang positif. C. Hubungan Antara Hukum Dan Etika Interaksi antar individu dalam suatu masyarakat seringkali menimbulkan gesekan yang saling berbenturan. Oleh karena itu, diperlukan suatu tatanan dalam masyarakat yang mampu menciptakan keteraturan, ketertiban dan ketetntraman. Tatanan yang dimaksudkan adalah sebuah perangkat yang berisi petunjuk-petunjuk tingkah laku berupa kaedah hukum. Selain kaedah hukum terdapat pula beberapa kaedah dalam masyarakat yang diperlukan sebagai upaya untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan. Purnadi Purbacaraka (1993:7-8) menjelaskan bahwa kaedah-kaedah itu sebagai patokan atau pedoman untuk hidup, namun hidup mempunyai dua aspek secara umum, yaitu aspek hidup pribadi dan aspek hidup antar pribadi. Setiap aspek hidup tersebut mempunyai kaedah-kaedahnya masing-masing yaitu: 1. Pada aspek hidup pribadi mencakup. ا. Kaedah-kaedah kepercayaan / keagamaan untuk mencapai kesucian hidup pribadi atau kehidupan ber-Iman. ب. Kaedah-kaedah kesusilaan (moral/etika dalam arti sempit) yang tertuju pada kebaikan hidup pribadi atau kebersihan hati nurani dan akhlak. 2. Pada aspek hidup antar pribadi meliputi. ا. Kaedah-kaedah sopan santun yang maksudnya untuk kesedapan hidup b. Kaedah-kaedah hukum yang tertuju kepada kedamaian hidup bersama. Menurut Satjipto Rahardjo (1991:33) bahwa kaedah hukum memuat suatu penilaian mengenai perbuatan tertentu. Hal itu jelas tampak dalam bentuk suruhan dan larangan. Kaedah hukum ini diwujudkan dalam bentuk petunjuk bertingkah laku. Oleh karena itu kaedah hukum disebut juga petunjuk tingkah laku. Lebih lanjut dijelaskan bahwa hukum sebagai kebiasaan yang menjalani pelembagaan kembali untuk memenuhi tujuan yang lebih terarah dalam kerangka apa yang disebut hukum. Melalui pelembagaan itu digarap secara khusus sehingga memperoleh bentuk yang dapat dikelola secara hukum. Dalam suatu peristiwa yang belum ada kaedah hukumnya, maka pengadilan (lembaga yudikatif) tidak boleh menolak untuk memeriksa dan mengadili suatu perkara dengan alasan tidak ada hukumnya, (vide pasal 14 ayat (1) UU No.14 Tahun 1970) dan hal ini mungkin saja terjadi karena kaedah sosial yang non hukum ada dalam masyarakat. Oleh karena itu, untuk menetapkan hukumnya terhadap peristiwa yang belum ada kaedah hukumnya, maka pengadilan dalam hal ini hakim harus merujuk kaedah-kaedah atau nilai-nilai hukum yang hidup dan berkembang di dalam masyarakat. Olehnya itu hakim sebagai penegak hukum dan keadilan sekaligus sebagai pembentuk hukum, maka wajib baginya menggali dan memahami nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat (vide pasal 27 ayat (1) UU No.14 Tahun 1970). Dengan demikian itu, dalam mewujudkan kedamaian dalam suatu masyarakat, muatan hukum berupa sebuah perangkat peraturan-peraturan dan petunjuk-petunjuk tingkah laku yang berisikan kaedah-kaedah kepercayaan/keagamaan, kaedah-kaedah kesusilaan, kaedah-kaedah kesopanan dan kaedah-kaedah hukum yang merupakan suatu keniscayaan. Sehubungan dengan hal tersebut, antara hukum dan etika adalah menyangkut perbuatan manusia dan tujuan keduanya hampir sama, yaitu mengatur perbuatan manusia untuk kebahagiaan mereka. Namun lingkungan etika lebih luas, etika memerintahkan berbuat apa yang berguna dan melarang berbuat segala apa yang mudharat. Sedang hukum tidak demikian, karena banyak perbuatan yang terang berguna tidak diperintahkan oleh hukum, seperti berbuat baik kepada fakir miskin, dan perlakuan baik kepada orang tua, demikian juga beberapa perbuatan yang mendatangkan kemudharatan tidak dicegah oleh hukum, umpamanya dusta dan dengki. Hukum tidak mencampuri hal ini, karena hukum tidak memerintahkan dan tidak melarang, kecuali apabila dapat menjatuhkani hukuman kepada orang yang menyalahi perintah dan larangan. Terkadang untuk melaksanakan suatu undang-undang itu hajat mempergunakan cara-cara yang lebih membahayakan kepada ummat, dari apa yang diperintahkan atau dicegah oleh undang-undang. Demikian pula ada beberapa keburukan yang samar-samar, seperti mengingkari nikmat dan berkhianat, dan ini undang-undang tidak sampai untuk menjatuhkan siksaan kepada pelakunya. Olehnya itu, tidak dapat jatuh di bawah kekerasan undang-undang dan keadaannya dalam hal itu bukan seperti pencurian dan pembunuhan. Perbedaan lainnya adalah bahwa hukum melihat segala perbuatan dari jurusan hasil atau akibatnya yang lahir, sedang etika menyelami gerak jiwa manusia yang bathin dan meskipun tidak menimbulkan perbuatan lahir. etika juga menyelidiki perbuatan yang lahir. (Ahmad Amin,1995:10) Lebih jelas dapat dikatakan bahwa hukum itu dapat berkata 8220jangan mencuri dan jangan membunuh8221, tetapi tidak dapat berkata sesuatu tentang kelanjutannya. Sedang etika bersamaan dengan hukum di dalam mencegah pencurian dan pembunuhan, sehingga dapat menambahkan dengan kata 8220jangan berpikir dalam keburukan atau jangan menghayalkan yang tidak berguna8221. Hukum dapat menjaga hak milik manusia, dan mencegah orang yang akan melanggarnya, tetapi tidak dapat memerintahkan kepada si pemilik agar mempergunakan miliknya untuk kebaikan. Adapun yang dapat memerintahkan adalah etika. Dengan demikian itu, etika sebagai pedoman untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia bertindak yang baik atau etis dan menghindari perbuatan buruk. Secara sederhana dapat dikatakan, bahwa etika mencoba marangsang timbulnya perasaan moral, mencoba menemukan nilai-nilai hidup yang baik dan benar, serta mengilhami manusia supaya berusaha mencari nilai-nilai tersebut. Sedang hukum merupakan seperangkat kaedah atau norma yang tersusun dalam suatu sistem yang berisikan petunjuk bertingkah laku, tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dan disertai dengan sanksi, yang bersumber dari masyarakat sendiri maupun dari sumber lain yang diakui keberlakuannya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, dan benar-benar diberlakukan oleh warga masyarakat. Jika kaedah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan pada otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi. Agar dengan sanksi itu, masyarakat diharapkan supaya selalu berada dalam koridor yang baik serta menghindarkan diri dari perbuatan melanggar hukum, guna menciptakan kedamaian dalam masyarakat. Kedamaian di sini adalah suatu keadaan yang mencakup dua hal, yaitu ketertiban atau keamanan dan ketentraman atau ketenangan. Ketertiban atau keamanan menunjukkan pada hubungan atau komunikasi lahiriyah, jadi melihat pada proses interaksi para pribadi dalam kelompok masyarakat. Sedang Ketentraman atau ketenangan menunjuk pada keadaan bathiniyah, jadi melihat pada kehidupan bathiniyah ( internal life ) masing-masing pribadi dalam kelompok masyarakat. (Purnadi Purbacaraka dkk,1993:20) Dengan demikian itu, dapat dipahami bahwa hubungan hukum dan etika sangat erat. Ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.(Sudikno Mertokusumo,1991:36). Pengertian-pengertian dasar hukum adalah pengertian yang saling berhubungan antara nilai, etika, kaedah dan pola perilaku. Hukum ditujukan kepada manusia sebagai makhluk sosial. Sebaliknya etika ditujukan kepada manusia sebagai individu, yang berarti bahwa hati nuranilah yang memiliki peranan karena disitulah perasaan yang berfungsi. Sasaran etika semata-mata adalah perbuatan manusia yang dilakukan dengan sengaja. Baik atau buruk, tercela dan tidak tercela, suatu perbuatan itu dihubungkan dengan ada tidaknya kesengajaan, kalau ada unsur kesengajaan dalam pelanggaran maka tercela. Maka seseorang itu harus bertanggung jawab atas perbuatannya yang disengaja. Perbuatan yang disengaja itu harus sesuai dengan kesadaran etisnya. Apa yang menurut masyarakat demi kedamaian dalam arti ketertiban dan ketentraman, serta kesempurnaan yang baik, itulah baik. Hukum adanya hanya dalam masyarakat manusia, sedangkan masyarakat manusia itu beraneka ragam, maka dapatlah dikatakan bahwa ukuran baik dan buruk dalam hal ini tidak mungkin bersifat universal, karena hukum itu terikat pada daerah atau wilayah tertentu. Kesadaran etis bukan hanya berarti sadar akan adanya kebaikan dan keburukan, tetapi lebih dari itu, harus ada kesadaran untuk mewujudkannya dalam perilaku. Karena pelanggaran etika bukan merupakan pelanggaran kaedah hukum melainkan dirasakan sebagai pertentangan hati nurani. Sementara kaedah hukum berisikan pedoman tingkah laku yang mengarahkan tindakan manusia pada perilaku yang baik, dan menghindarkan perbuatan buruk, serta mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa dengan ancaman sanksi. Akan tetapi jangkauan hukum kadang terbatas, sehingga hati nuranilah yang memiliki peran yang sangat penting dan luas terhadap etika bagi setiap orang.

No comments:

Post a Comment